//
Wireless

Pada tulisan kali ini coba saya bahas sedikit tentang Perangkat keras dari Wireless.

* Linksys WAP11
* NetGear ME102
* Antennas
* Radome-Enclosed Yagi Antenna: HyperLink HG2415Y
* Parabolic Grid Antenna: HyperLink HG2419G
* SigMax Omni-Directional: Signull SMISMCO10
* SigMax Circular Yagi: Signull SMISMCY12
* Wireless NICs

Access Points

Ada beberapa merek yang berbeda dari access point (APs), dan semuanya secara esensal memberikan fungsi yang sama. Tetapi bagaimanapun, secara substansial perbedaan keamanan dan fitur-fitur yang ada diantara setiap vendor.

Sebagai contoh, yang akan kita diskusikan dalam bab ini adalah beberapa access point yang mampu membatasi koneksi user yang ada pada MAC address network wireless card, walaupun yang lainya sudah dalam kondisi off. Dengan demikian pembuatan access point yang tidak kelihatan adalah untuk hacking program-program. Keuntungan pengembangan security adalah seperti mengaplikasikan access point di SOHO ( small office/home office).

Survey dilapangan membuktikan lebih dari 1,300 access point terdapat di lima kota, CISCO menempati urutan teratas yaitu 39.7%. Lucent sebanyak 19,2%, sedangkan Linksys sebanyak 17.1%, sebagai pengingat 24% berasal dari jenis pabrik yang berbeda. Menariknya, Linksys access point ini memang di rancang untuk SOHO yang digunakan untuk menemukan jalan masuk ke area kerja perusahaan yang berbadan hukum dengan cepat. Ini akan memberikan keuntungan selain biayanya yang rendah, jangkauannya yang luas, adanya tambahan MAC yang terbatas dan kemampuan untuk mematikan broadcastnya.

Linksys WAP11

Linksys WAP 11 adalah access point yang sederhana tetapi sangat efektif karena harganya yang murah, performance yang tinggi. Seperti firmware vers 1.4i.1 perangkat ini memiliki beberapa kemampuan baru seperti kemampuan untuk disable jalur broadcast, dan membatasi koneksi MAC address client.

dministrasi dari WAP11 memerlukan software berbasis client (client-base) dan dijalankan melalui interface USB atau SNMP berdasarkan koneksi Ethernet (bukan wireless). Beberapa fitur yang ditambahkan pada firmware versi 1.4i.1 memerlukan pengunaan interface SNMP. Tetapi proses setting adalah satu-satunya yang ditampilkan ketika mengunakan USB interface. Administrasi interface adalah sebuah pekerjaan untuk membuat navigasi dan konfigurasi

NetGear ME102

NetGear ME102 adalah sebuah fungsi lengkap paket access point yang dimasukan ke dalam paket-paket kecil. Ukuran panjangnya hanya 6.4 inci, luas 5,6 inci dan tinggi 1.1 inci. Ini adalah satu dari yang paling kecl access point yang ada di pasarkan. Dengan firmware 1.4h3 yang diupgrade, ME102 mampu enkripsi WEP 128 bit, konfigurasi point to point dan point to multipoint, serta meningkatkan fitur access point client dengan membatasi MAC address.

Administrasi dari ME102 memerlukan software berbasis clien(client-base) dan dijalankan melalui USB interface atau SNMP berdasarkan koneksi ethernet (bukan wireless). Untuk mengakses dan mengkonfigurasi pembatasan MAC (gambar 1.3) kita harus mengunakan SNMP interface. Sebagai tambahan, sebuah halaman statistic juga dipersiapkan via SNMP yang menampilkan jenis wireless dan Ethernet interface pada access point. kegunaan lain dari fitur ME102 adalah kemampuannya setting multiple password untuk interface administrator. Hal ini mengijinkan administrator menjaga kerahasiaan password, saat user diijinkan untuk keluar dari konfigurasi access point. Saat login sebagai user, kita dapat browsing seluruh konfigurasi, namun kita tidak diijinkan merubah konfigurasi apapun.

Antenna.

Setiap orang mengunakan sedikitnya satu antenna setiap hari. Pada kenyataannya sebagian besar orang mengunakan antena untuk hal-hal yang tidak jauh dari kebiasaan hidup sehar-hari. Perangkat seperti kunci entry sistem, jalan bebas hambatan, sistem satelit TV, ponsel dan network wireless yang kesemuanya memerlukan antena.

Antena adalah sebuah ekstensi dari radio transmitter atau receiver (penerima). Sebagai sebuah sinyal yang dihasilkan, dia melakukan pengiriman dari radio ke antena untuk dikirim keluar melalui udara dan diterima oleh antena lainnya, kemudian dikirim juga ke radio lainnya. Sinyal yang dihasilkan setelah proses transmisi ukuranya dalam Hertz (Hz). Ketika anda mengubah kecepatan dari side to side, maka anda sedang membuat gelombang pendek tapi frekuensiya tinggi berarti anda sedang membangkitkan frekuensi yang tinggi. Frekuensi yang rendah secara umum mempunyai kemampuan jarak yang lebih jauh, tetapi kebanyakan subjeknya dibatasi.

Sebagai contoh, misalnya stasiun radio local FM. Jika anda broadcast sinyal dalam frekuensi 103.5MHz, ini diterjemahkan menjadi 103.500.000 dibulatkan menjadi permenit. Sinyal ini dapat di dengar oleh seluruh kota, dalam gedung maupun rumah, dengan gangguan sinyal yang relatif kecil. Artinya sebuah radio AM mempunyai dua arah broadcast pada 1320 KHz, yang di terjemahkan menjadi 1,320,000 per menit. Dengan menempatkan antena di luar ruangan, anda dapat menerima sinyal dari jarak yang cukup jauh.

Seperti yang sering kita lihat, antena merupakan komponen dasar yang sangat fundamental untuk mentransmisikan frekuensi radio. Dalam berbagai situasi, proses transmisi sinyal yang rendah apabila menggunakan antena yang bagus akan cepat di sampai ke destinasi atau tujuan dengan tingkat akurasi yang jauh lebih rendah jika menggunakan antena yang tidak bagus.

Jika sebuah antenna mempunyai spesifikasi seperti dB, lakukan pengecekan pada perusahaan pembuat antena tersebut agar tidak tertipu.

Radome-Enclosed Yagi Antenna: HyperLink HG2415Y

HG2415Y adalah antenna kualitas terbaik dengan performance yang lebih kuat. Antena ini beratnya sekitar 1.8 pounds, ini dibuat agak ringan dan mudah untuk di install.antena ini dilengkapi dengan dua U-bolt (baut) yang memungkinkan antena dapat terhubung ke tiang dengan diameter 23/8 .

Antenna ini menyediakan 24 bagian akhir yang biasa menjadi pilihan di antaranya konektor TNC atau SMA. Bagian nomor yang dapat di testing adalah N. Kita menggunakan CA-WL2CABLE1 untuk dapat terhubung ke antenna ORiNOCO PCMCIA. Untuk mengetes antena saat digunakan, kita bisa konek untuk mengetes access point dari tiga jarak, pada sebuah unumplifed sinyal, menggunakan antena cadangan pada access point

Parabolic Grid Antenna: HyperLink HG2419G

HyperLink HG2419G juga merupakan tool yang memiliki performance tinggi. Antenna di buat tahan lama, berlapis besi dan tahan terhadap sinar ultraviolet, membuat dia tidak hanya kuat tetapi juga lebih attraktif.

Hyperlink membuat tiga versi antenna diantaranya a 15-dBi, a 19-dBi (model yang digunakan pada buku ini) dan a 24-dBi model. sebagai tambahan yang menawarkan pencapaian yang lebih baik, antenna ini juga sangat luar biasa. Melalui eight-degree dalam dBi model, antenna meminimalkan ganguan dan memaksimalkan powernya. Seperti kebanyakan antenna jenis directional, ini adalah satu yang terbaik untuk link point-to-point koneksi multiple network. Dalam tes ini dengan HG2919G, kita bisa melakukan tes koneksi ke access point dengan koneksi penuh pada unamplified sinyal, menggunakan antena cadangan access point

HG2419G dapat di mount pada tiang yang berdiameter 2.5, dan tingginya dapat di atur mencapa 50 derajat. Ini mengijinkan anda untuk menggunakannya di area yang luas dari dari berbagai situasi. Dan membuatnya optimal untuk mounting pada bagian atas (atap). Dengan kemampuan untuk select gelombang secara horizontal dan vertikal, rating yang tinggi, tiang yang kuat, kontruksi yang kasar atau tidak datar. Antena ini adalah satu dari yang terbaik di pasaran.
SigMax Omni-Directional: Signull SMISMCO10

SMISMCO10 adalah sebuah antenna omni-directional yang dirancang sebagai perantara untuk jarak aplikasi yang multipoint. Berada pada ketinggian tiga kaki dan lebar lebar lebih dari pounds, antenna ini di kelompokan sesuai kecepatan tiap ukurannya.

Signull Technologies menawarkan tiga versi di antaranya a 10-dBi (model yang digunakan dalam buku ini), 8-dBi, and a 5-dBi model. ketiga antenna itu mampu memperluas cakupan dari perusahaan yang menggunakan access point atau titik-titik jaringan. Mereka dapat dengan mudah mount secara indoor. Sebagai tambahan mereka juga bisa mounting secara outdoor untuk membantu menyediakan coverage di area yang lebih luas lagi. Selama testing SMISMCO10, kita temukan kemampuan menghasilkan performance yang tinggi

Untuk mengetes antenna, kita menghubungkannya secara langsung dengan access point dan mencoba untuk konek mengunakan card berstandar ORiNOCO PCMCIA.
SigMax Circular Yagi: Signull SMISMCY12

Homepage: http://www.signull.com

Ini merupakan Yagi antenna dari Signull Technologies yang bisa menjadi pilihan. Karena tingkat performance yang bagus, mempunyai gaya desain yang asli. Antena ini juga bisa digunakan sebagai alat pendidikan.

Dalam tes ini, secara dramatis kita bisa meningkatkan sinyal yang kuat pada saat antena di test dengan access point. Signull Technologies menawarkan antenna jenis ini mempunyai tiga model yaitu : 8-dBi, 12-dBi (merupakan model yang digunakan dalam buku ini), dan model 15-dBi. Antena yang kita test cukup memiliki performance, namun tergantung pada aplikasi, 15-dBi dan itu bisa menjadi pilihan

Walaupun antenna di desain secara atraktif dengan body yang bagus, mempunyai daya tahan terhadap cuaca yang bisa menimbulkan masalah. Ini yang membuat antenna sangat powerfull digunakan di dalam ataupun tempat yang terlindung. Lihat performancenya pada gambar 1.12. antena ini layak untuk pembuatan dan proses linking pada network wireless, dan bisa jadi pertimbangan dalam memperolehnya

Wireless NICs

Wireless network interface cards (WNICs) adalah komponen dasar hardware setup. Pada bagian ini, kita dapat mengulang atau review merek ORiNOCO itu sendiri, sebagai tiang penyangga para kompetitor

Diterjemahkan dari :
Maximum Wireless Security
By Cyrus Peikari, Seth Fogie

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: