//
Pengantar Teknologi Informasi

A. Teknologi Informasi

Pengertian Data dan Informasi

Data secara sederhana dapat dikatakan sebagai kumpulan fakta yang akan diolah kembali, atau dengan kata lain data merupakan kumpulan fakta dalam raw material (mentah), jenis data sendiri bisa berupa teks, gambar, suara, vidio atau lain sejenisnya. Definisi formal data : Representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.

Informasi secara sederhana dapat dikatakan sebagai data atau kumpulan data yang memiliki makna saling berhubungan dan hasil dari suatu manipulasi, atau dengan kata lain hasil akhir pengolahana data disebut sebagai informasi. Sifat dari informasi dibagi menjadi dua yaitu Perfect (pasti) dan Imperfect (tidak pasti). Sumber informsi bisa dari apa saja dan dalam bentuk apa saja, anatar lain melalaui kuesioner, kejadian, media massam alat elektronik, pengamatan lapangan dan lain sebagainya. Sedangkan karateristik informasi yang baik paling tidak memenuhi beberapa poin, anatara lain tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilanmgakan keraguan, berhubungan dan berdasarkan fakta.

Evolusi Abad Informasi

Secara garis besar evolusi yang terjadi dibagi menjadi tiga tahapan yang diwakili oleh abad pertanian, industri dan informasi. Abad pertanian berlangsung (<1800 tahun), pada abad ini ditandai dengan kegiatan bertani manual (menunggunakan tenaga manusia dan hewan) yang dilakukan sebagaian besar manusia pada zama tersebut. Abad industri berlangsung (1800 – 1957), pada zaman ini manusia sudah menggunakan mensin sebagai alat bantu manusia. Abad informasi (1957 – sekarang), ditrandai dengan pekerja terdidika yang menukan berbagai macam teknologi sebagai alat bantu manusia dalam segala bidang.

Pada fase ketiga, atau abad informasi terjadi perkembangan yang sangat pesat dalah bidang alat bantu dan dukung manusia dalam segala bidang, pada abad ini pula dikenal masyarakat informasi, yaitu suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri. Alat bantu dan dukung manusia atau yang lebih dikenal dengan teknologi dapat didefinisikan sebagai : a) Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis; b) Aplikasi praktis dari sains dalam industri atau bisnis.

Pengertian Tenologi Informasi

Menurut Kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. Sedangkan menurut Turban (Efraim Turban, 2008): The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization. Contoh Teknologi Informasi:

· Mickrokomputer

· CD-ROM

· Notebook

· Tablet PC

· Tabletop

· Kumpueter MainFrame

Fungsi dan Tujuan Teknologi Informasi

Fungsi Teknologi Informasi (TI) Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission). Sedangkan tujuannya adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi.

Alasan Perlu Adanya Teknologi Informasi

· Kompleksitas tugas manajemen

· Pengaruh globalisasi

· Perlunya response time cepat

· Tekanan persaingan bisnis

· Peningkatan layanan

B. Komponen Teknologi Informasi

Dipungkiri atau tidak bahwa teknologi informasi tidak bisa dipisahkan lagi dengan komputer, atau paling tidak komputer dan teknologi informasi selalu selaras baik dalam perkembangannya dan tingkat keterbutuhannya bagi manusia di era moderen seperti sekarang ini. Walapun dalam artian sebenarnya teknologi informasi tidak hanya terbatas pada komputer semata, namun cakupannya sangat luas diera moderen dewasa ini. Terdapat keterkaitan yang kuat antara perkembangan komputer dan teknologi informsi mengakibatkan hampier seluruh teknologi dewasa ini menggunakan organisasi layaknya sebuah komputer diamana dikenal beberapa komponen utama teknologi komputer yang meliputi hardware (HW), software(SW), dan brainware(BW).

Hardware merupakan istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi, software (atau perangkat lunak) adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk program, dokumen dan data. Sedangkan brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.

Diluar tiga komponen tersebut diatas dalam teknologi informsi dikenal pula dua kompenen penting yang wajib dimiliki oleh sebuah perangkat TI, yaitu frimware atau perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen, berupa Instruksi yang disimpan permanen di ROM atau secara sedarhana dikatakan sebagai perangkat lunak bawaan pabrikan. Kemudian dikenal pula infoware yang berupa user manual, SOP, cyber law dan lain sejenisnya.

Penerapan TI (teknologi informasi) sangatlah luas, mencakup bidang industri, perbangkan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan dan lain sebagainya. Atau secara sedrhana penerapannya pada hampir seluruh bentuk kehidupan manusia moderen saat ini.

Advertisements

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: