//
you're reading...
Study Time

Pengenalan Class pada Java


A. TUJUAN

• Mengetahui dan membuat kelas sendiri
• Mendeklarasikan method dan atribut pada kelas
• Membuat dan memanggil overloaded method

B. DASAR TEORI

Class adalah sturktur dasar dari OOP. Class terdiri dari dua tipe dari anggota dimana disebut dengan field (attribut/properti) dan method. Field merupakan tipe data yang didefinisikan oleh class, sementara method merupakan operasi. Sebuah obyek adalah sebuah instance (keturunan) dari class. Ketika diinisialisi, setiap obyek mendapat satu set variabel yang baru. Bagaimanapun, implementasi dari method dibagi diantara objek pada class yang sama. Class menyediakan keuntungan dari reusability. Programmer perangkat lunak dapat menggunakan sebuah kelas beberapa kali untuk membuat banyak objek.

Instansiasi Class
Untuk membuat sebuah objek atau sebuah instance pada sebuah class. Kita menggunakan operator new. Sebagai contoh, jika anda ingin membuat instance dari class string, kita menggunakan kode berikut :

String str2 = new String(“Hello world!”);
Ini juga sama dengan,
String str2 = “Hello”;

Variabel Class dan Variabel Method
Selain dari variabel instance, kita juga memungkinkan untuk mendefinisikan variabel dari class, yang nantinya variabel ini dimiliki oleh class. Ini berarti variabel ini dapat memiliki nilai yang sama untuk semua objek pada class yang sama. Mereka juga disebut static member variables.

Scoope Variable
Scope adalah grup yang menghimpun bagian tertentu dari program dan dapat di anggap sebagai suatu kesatuan modul. Ada 3 macam scope, yaitu :
a. Scope berupa kelas Dimulai dengan deklarasi class dan diikuti oleh tanda kurung kurawal buka dan tutup {}. Anggotanya terdiri dari data dan method.
b. Scope berupa blok Dimulai dari tanda kurung kurawal buka “{“ dan di akhiri oleh kurung kurawal tutup “}”. Anggotanya terdiri dari data dan method. Scope jenis ini dapat dijumpai pada blok yang menyertai perulangan dan penyeleksi kondisi.
c. Scope berupa method Dimulai dengan deklarasi method dan diikuti oleh tanda kurung kurawal buka dan tutup {}. Anggotanya terdiri dari data lokal yang hanya didefinisikan dan digunakan dalam method tersebut.

Access Modifiers
Pada saat membuat, mengatur properties dan class methods, kita ingin untuk mengimplementasikan beberapa macam larangan untuk mengakses data. Sebagai contoh, jika Anda ingin beberapa atribut hanya dapat diubah hanya dengan method tertentu, tentu Anda ingin menyembunyikannya dari object lain pada class. Di JAVA, implementasi tersebut disebut dengan access modifiers. Terdapat 4 macam access modifiers di JAVA, yaitu : public, private, protected dan default. 3 tipe akses pertama tertulis secara ekplisit pada kode untuk mengindikasikan tipe akses, sedangkan yang keempat yang merupakan tipe default, tidak diperlukan penulisan keyword atas tipe.

Akses Default (Package Accessibility)
Tipe ini mensyaratkan bahwa hanya class dalam package yang sama yang memiliki hak akses terhadap variabel dan methods dalam class. Tidak terdapat keyword pada tipe ini. Sebagai contoh :

public class StudentRecord
{
//akses dasar terhadap variabel int name;
//akses dasar terhadap metode String getName()
{
}
return name;
}

Pada contoh diatas, variabel nama dan method getName() dapat diakses dari object lain selama object tersebut berada pada package yang sama dengan letak dari file StudentRecord.

Akses Public
Tipe ini mengijinkan seluruh class member untuk diakses baik dari dalam dan luar class. Object apapun yang memiliki interaksi pada class memiliki akses penuh terhadap member dari tipe ini. Dalam contoh dibawah ini, variabel name dan method getName() dapat diakses dari object lain. Sebagai contoh :

public class StudentRecord
{
//akses dasar terhadap variabel public int name;
//akses dasar terhadap metode public String getName()
{
}
return name;
}
Akses Protected
Tipe ini hanya mengijinkan class member untuk diakses oleh method dalam class tersebut dan elemen – elemen subclass.

public class StudentRecord
{
//akses pada variabel protected int name;
//akses pada metode protected String getName()
{
}
return name;
}

Pada contoh diatas, variabel name dan method getName() hanya dapat diakses oleh method internal class dan subclass dari class StudentRecord. Definisi subclass akan dibahas pada bab selanjutnya.

Akses Private
Tipe ini mengijinkan pengaksesan class hanya dapat diakses oleh class dimana tipe ini dibuat. Pada contoh dibawah, variabel name dan method getName() hanya dapat diakses oleh method internal class tersebut.

public class StudentRecord
{
//akses dasar terhadap variabel private int name;
//akses dasar terhadap metode private String getName()
{
}
return name;
}

Advertisements

About eross.delta

I want change the world

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: