//
you're reading...
Tecnology

Perkembangan Teknologi Informasi


Perkembangan Teknologi Informasi
Oleh : Khafidurrohman Agustianto

A. Sejarah Teknologi Informasi
Secara garis besar dibagi menjadi tiga tahapan perkembangan yang meliputi : a) Natural/ Manual (menggunakan tenaga manusia); b) Mekanis (peralatan semi mekanik, dimana dalam pengerjaannya membutuhkan tenaga manusia sekaligus mekanik); c) Eletronis (digunakannya peralatan elektronik).
Perkembangan natural/ manual dibagi menjadi 3 tahapan, meliputi : a) purba (berupa goresan/ gambar di batu, goa, kayu dan lain sebagainya); b) Cina/Mesir/Romawi (penggunaaan kertas, lempung, abacus/ suanpan, dan jari tangan); c) abad 17-18 (ditandai dengan ditemukannya Napir’s bones dan Slide rule). Perkembangan tahap kedua mekanis ditandai dengan beberapa penemuan revosiuner pada zamannya, antara lain : a) Pascaline yang dibuat oleh Blaise Pascal tahun 1642; b) Diffrence & Analitycal Engine oleh Charles Babbage tahun 1830; c) Kartu proferasi oleh Hollerith tahun 1889.
Perkembangan terkahir saat ini adalah elektronis, dimana dalam tahapan ini penggunaan tenaga manusia sudah sangat banyak berkrang dari dua masa sebelumnya, dimana dalam tahapan ini dikenal penggunaan komputer yang meliputi generasi I sampai IV. Pada generasi I komputer ditandai dengan penggunaan tabung hampa (vacuum tube), pada generasi II ditandai dengan penggunaan transistor, pada generasi berikutnya ditandai dengan integrated circuit (IC), dan pada generasi IV komputer ditandai dengan ditemukannya mickroprosessor.
Pada tahapan perkembangan terakhir dapat dilihat jelas, pada tiap tahapan terdapat misi kusus yang dibawa. Namun secara sederhana dapat disimpulkkan bahwa arah pengembangan tetaplah sama yaitu, membuat sekesil-kesilnya komponen, menanam sebanyak-banyaknya kom ponen dalam suatu bidang yang makin diperkecil setiap tahapannya, dan berorientasi pada efisiensi, baik waktu pemrosesan dan penggunaan daya.

B. Klasifikasi Komputer
Ketika kita mengklasifikasikan komputer bedasarkan perfomance serta fungsinya maka, akan diperolah setidaknya lima kategori komputer, terurut dari klasifikasi tertinggi sampai yang terendah : supercomputer, mainframe, workstation, microcomputer, microcontloler.
Supercomputer merupakan klasifikasi tertinggi dari dari segi performa, dimana kemampuan superkomputer bisa mencapai satu biliun pemrosesan tiap detiknya atau lebih, namun penggunaan komputer jenis ini sangat terbatas, biasa digunakan oleh militer atau korporat besar yang memerlukan perhitungan yang cepat dan presisi.
Mainframe adalah klasifikasi berikunya, walaupun saat ini jenis komputer ini tidak popular, namun kemapuan komputer ini adalah diatas rata-rata kompuer yang ada dipasaran saat ini. Kekurang popularan ini disinyalir oleh tingginya harga yang dipatok oleh para vendor, sedangkan kebutuhan komputasi saat ini hampir semunya bisa diselesai oleh desktop ataupun laptop. Salah satu yang cukup terkenal adalah Xeon milik Intel.
Workstation merupakan sebuah komputer paralel yang lazimnya digunakan di office, cara kerja komputer jenis ini adalah kemampuan satu pc central yang biasa diakses oleh multi desktop. Keunggulan dari jenis komputer ini adalah penghematan biasa dan eficiensi.
Microcomputer merupakan jenis yang paling popular dan paling banyak digunakan di dunia. jenis dari miccrocomputer sangat beragam, meliputi : laptop, desktop, PDA, smart phone, ipad dan lain sebagainya.
Microcontroler merupakan suatu komponen yang hanya biasa melalkukan fungsi-fungsi spesifik, umum penggunaannya pada pembuatan robot, periperal computer dan lain sebagainya.

Advertisements

About eross.delta

I want change the world

Discussion

5 thoughts on “Perkembangan Teknologi Informasi

  1. apa apaan ini…

    judul tok a ???

    Posted by Zizhu Dmiy | September 18, 2011, 8:50 pm
  2. AH, itu akal-akalanmu aja fid..
    belum jadi , cuma kirim URL judul tok… 😛
    kreatif…

    Posted by Zizhu Dmiy | September 18, 2011, 10:37 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: